Hujan Es Berskala Besar Hantam Sydney

Badai yang melanda Australia memicu hujan es parah. (Foto: Sidney Morning Herald).

Sydney: Hujan es turun pada Kamis 20 Desember sore waktu Sydney, Australia. Es sebesar telur turun menghantam jalanan salah satu kota terbesar di Negeri Kanguru itu.

Ahli cuaca Badan Meteorologi Australia, Ash Lange mengatakan, terdapat curah hujan es di Petersham mencapai 2,5 centimeter. Sementara curah hujan di Summer Hill mencapai 3,5 centimeter dan Berowra tercatat 5 centimenter.

Sementara itu, penduduk juga menyatakan bahwa hujan es yang ditemui sebesar bola Golf. “Hujan es mulai dari ukuran bola golf hingga bola kriket dan menghancurkan jendela atap di rumah saya,” kata Christopher Sharp, dikutip dari Sydney Morning Herald, Jumat, 21 Desember 2018.

Mengingat ukuran dari es ini tidak biasa, para penduduk segera memeriksa kendaraannya karena mereka takut akan terjadi kerusakan.

”Ketika aku pergi ke luar tadi, jalanan dipenuhi oleh orang-orang yang memeriksa atap mobil mereka untuk kerusakan,” tambahnya. 

Badan Layanan Darurat Australia (SES) mendesak orang-orang untuk tinggal di dalam rumah agar terhindar dari hujan es dan memindahkan mobil mereka di bawah penutup atau jauh dari pepohonan. Tidak hanya itu, penduduk juga diperingatkan untuk berhati-hati terhadap petir.

Sebelumnya, biro cuaca telah memberikan peringatan pada penduduk bahwa hujan ini akan terjadi setelah  adanya badai petir yang parah. Namun, peringatan tersebut datang terlambat.

(FJR)