PBB: 14 juta dosis vaksin dikirim ke Aden, Yaman

Sana`a, Yaman (ANTARA News) – Lebih dari 14 juta dosis vaksin untuk anak-anak telah dikirim ke Kota Aden di Yaman Selatan –yang saat ini menjadi ibu kota sementara pemerintah, kata Dana Anak PBB (UNICEF) pada Kamis (29/11).

“Lebih dari 14 juta dosis vaksi rubella dan campak telah tiba di Bandar Udara Internasional Aden,” kata Kantor UNICEF di Yaman di akun Twitter, sebagaimana dikutip Xinhua –yang dipantau Antara di Jakarta, Jumat. Dosis vaksin itu, katanya, cukup untuk memenuhi keperluan sebanyak 13 juta anak yang berusia antara enam bulan dan 15 tahun.

“Vaksin itu dikirim sebagai bagian dari tahap selanjutnya kegiatan nasional melawan campak dan rubella di Yaman,” kata lembaga tersebut.

Yaman telah dirongrong kerusuhan sejak 2014, ketika kelompok gerilyawan Syiah Al-Houthi menguasai sebagian besar negeri itu, termasuk ibu kotanya, Sana`a.

Konflik tersebut meningkat pada 2015, ketika Arab Saudi dan sekutu Arabnya melancarkan serangan udara yang memporak-porandakan di Yaman dengan tujuh membalikkan perolehan gerilyawan Al-Houthi.

Setakat ini, puluhan ribu orang Yaman –termasuk banyak warga sipil– diduga telah tewas dalam perang tersebut, yang juga telah membuat sebagian besar prasarana dasar negeri itu hancur.

Baca juga: Listrik padam menambah berat penderitaan rakyat Aden, Yaman

Editor: Chaidar Abdullah

Pewarta:
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2018